12/16/2007

Mareta dkk.

Penjajahan Belanda

Orang belanda tiba dibanten pada tahun 1596.Mereka datang denagn 4 buah kapal salah satu kapal dipimpin oleh cornelis de houtman.2 tahun kemudian tiba 191 rombongan lain sikap mereka lebih ramah kemudian orang indinesia mengijinkan mereka berdagang.Pada tahun 1599 orang belanda tiba di ambon.
Diantara orang-orang belanda timbul persaingan,untuk menghilangkan persaingan mereka mendirikan persekutuan dagang,persekutuan itu disebut Vereenigde Ostindische Compagnie(VOC).VOC didirikan pada tahun 1602.pimpinan voc di indonesi disebut gubernur jendral,gubernur jendral yang pertama ialah Pieter Both.
Belanda tidak mau melepaskan kepulouan Indonesia begitu saja mereka tetap berusaha utuk menjajah Indonesia.Pada tanggak 21 juli 1947 belanda meyarang wilayah RI.Tindakan yang dilakukan belanda telah melanggar perjanjian linggarjati.
Yang isinya:
1.Belanda hanya mengakui kekuasaan RI ats jawa,madura dan Sumatra
2.RI dan belanda akan bersama-sama membentuk Negara Indonesia serikat yang terdiri atas
a.Negara RI
b.Negara Indonesia timur
c.Negara Kalimantan
3.Negara Indonesia serikat dan belanda merupakan uni yang dinamakan Indonesia-belanda dan actual oleh ratu belanda,serangan belanda ini dikenal sebagai agresi militer belanda 1.
Komisi 3 negara(KTN)terdiri atas
-Australia dipilih Indonesia
-Belgia-dipilih Belanda
*amerika serikat,Australia dan belgia.KTN memperkasai perundingan antara Indonesia dan belnda perundingan dilakukan diatas kapalRenville yaitu kapal angkatan laut AS.Maka hasil perundingan dinamakan perjanjian tanggal 17 januari 1948.
Belanda terus berusaha mengusai Indonesia pada tabggal 19 desember 1948.Belanda melancarkan serangan atas wilayah RI.Peyernagn ini dikenal sebagai agresi militer belanda 2.
Belanda meyerang wilayah RI dan menduduki yogyakarta serta menahan presiden Soekarno,Drs moh.Hatta,Sultan syarir dan suryadarmo.selama presiden dan wkil presiden di tawn belanda didirikan PDRI(pemeritahan darurat RI)di Sumatra sebagai pejabat presiden.
Usaha diplomasi dan pengakuan kedaulatan Indonesia oleh belnda komisi PBB berhasil mempertahankan belanda dan Indonesia didalam meja perundingan rumboyen dan konfrensi meja bundar(KMB)
Perjanjian rumroyen tanggal 7 mei 1949 merupakan awal keberhasilan diplomasi Indonesia untuk mencapai pengakuan kedaulata Indonesia oleh belanda .hasil konfrensi KMB dilaksanakan tanggal 23 agustus_2 november 1949 di ben hag.pada tanggal 27 desember belanda secara resmi mengakui kedaulatan Negara RI dalam bentuk RIS .usaha mencapai pengakuan kedaulatan Indonesia oleh belanda ini tidak terlepas dari peran tokoh_tokoh Indonesia antara lain:ir Soekarno,Drs Moh Hatta,Sri sultan hameng kubuwono IX dan Jendral sudirman.
Isi perjanjian Run-Royen
-Pemerintah RI dikembalikan ke yogyakarta
-Menghentikan gerakan-gerakan militer dan membebaskan semua tahanan politik
-Belanda meyetujui adanya RI sebagai bagian dari Negara Indonesia serikat
-Akan diselenggaraka KMB antara belanda dan Indonesia setelah pemeritahan RI kembali ke yogyakarta
Hasil KMB
-Indonesia menjadi RI serikat(RIS)dan belanda akan meyerahkan kedaulatan kepada RIS pada akhir bulan desember 1949
-RIS dan Belanda akan tergabung dalam Uni Indonesia-belanda.
-Irian barat akan diserahkan setahun setelah pengakuan kedaulatan oleh belanda



Kelompok
1.Fajri Noor Irawati
2.Listyorini Surya Dewi
3.Mareta Ardian K.P
4.Arimurti H.

Tidak ada komentar: